PT BMI Diduga Menambang di Kawasan Hutan Konawe Utara Tanpa IPPKH

- Senin, 5 September 2022 | 08:37 WIB
Perusahaan tambang PT BMI diduga melakukan ilegal mining di Blok Morombo, Konawe Utara (Hallosultra/Dok.Rustam)
Perusahaan tambang PT BMI diduga melakukan ilegal mining di Blok Morombo, Konawe Utara (Hallosultra/Dok.Rustam)

HALLO SULTRA - Aktivitas pertambangan yang dilakukan manajemen PT Bintang Mining Indonesia (BMI) di Blok Morombo, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sultra disoroti Sultra Mining Watch. (SMW)

Pasalnya, PT BMI diduga melakukan ilegal mining. Namun aparat penegak hukum (APH) seakan turut mengamini dugaan pelanggaran hukum tersebut.

Sultra Mining Watch (SMW) menduga APH membekingi aktivitas PT BMI, sehingga leluasa melakukan penambangan pada kawasan hutan tanpa memiliki Ijin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

Baca Juga: Telkomsel Ajak 158 Pelanggan di Kendari Nobar Film Molulo 2

Ketua Umum Sultra Mining Watch, Muh. Iksan mengungkapkan, PT BMI seakan kebal hukum dan tidak tersentuh APH) selama menjalankan aktivitas pertambangan di Morombo.

PT BMI ini sudah lama melakukan aktivitas pertambangan, namun seakan-akan dibiarkan oleh aparat, padahal perusahan tersebut kami sangat menduga tidak memiliki IPPKH," ungkapnya, Minggu 4 September 2022.

Lebih lanjut, Muh. Iksan menjelaskan, aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh PT BMI dalam kajian konservasi sudah melakukan kejahatan kehutanan dan lingkungan, serta tidak memperhatikan aspek moral dan etika sumber daya alam.

Baca Juga: Akhyar Mahasiswa STMIK Catur Sakti Kendari Lolos Seleksi Peserta PKPMN 2022

“Sangat jelas, bahwa secara administrasi saja PT BMI ini sudah tidak ada apalagi secara ekologi, namun masih saja melakukan aktivitas. Kewajiban sebuah perusahaan itu harus memperhatikan moral dan etika dalam menjaga SDA secara berkelanjutan, dengan prasyarat berkeadilan, beradab dan berdaulat. Dan hal itu tidak dilakukan oleh PT BMI, sudah sangat melanggar peraturan perundang-undangan yang ada, ” jelas Iksan.

Halaman:

Editor: Rustam Hallo Sultra

Sumber: kendari.pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kala Kebaikan Tambang Terhalang Pemahaman

Senin, 17 Oktober 2022 | 14:43 WIB

Terpopuler

X