Tak Bisa Salurkan Hak Suara, Ratusan Warga Kecam Panitia Pelaksana Pilkades Pamandati

- Selasa, 24 Mei 2022 | 13:48 WIB
Tak bisa salurkan hak suara, ratusan warga kecam panitia pelaksana Pilkades Pamandati  (Hallosultramedia/ Dok. istimewa )
Tak bisa salurkan hak suara, ratusan warga kecam panitia pelaksana Pilkades Pamandati (Hallosultramedia/ Dok. istimewa )

HALLO SULTRA - Ratusan masyarakat di Desa Pamandati mengecam Panitia Pelaksana Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) Pamandati, Kecamatan Lainea, Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara (Sultra). 

Kecaman tersebut dilatarbelakangi oleh dugaan kecurangan, pasalnya ratusan masyarakat tidak dapat menyalurkan hak suaranya karena tidak mendapatkan surat panggilan untuk menyalurkan hak suaranya dalam pesta demokrasi tingkat desa tersebut. 

Salah seorang masyarakat Desa Pamandati, Awaluddin, S.T memberikan keterangan bahwa masyarakat yang tidak dapat menyalurkan suaranya sangat menyayangkan hal tersebut. 

Baca Juga: Polresta Kendari Tangkap Pencuri HP Bermodus COD

Ia juga menduga ada kecurangan yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam Pilkades yang dilaksanakan pada Minggu, 22 Mei 2022 itu. 

"Sangat kami sayangkan puluhan warga tidak bisa memberikan hak pilihnya dalam pilkades serentak di Desa Pamandati," kata Awaluddin,l kepada awak media, Selasa, 24 Mei 2022

"Dan anehnya lagi tim 9 mengatakan bahwa warga telah di data dan tidak ada masalah, namun faktanya hari ini pernyataan mereka tidak bisa di pertanggung jawabkan," lanjutnya. 

Baca Juga: Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Ternak, Karantina Pertanian Kendari Perketat Pengawasan

Tidak hanya itu, Awaluddin menerangkan, hal lain yang menjadi janggal dalam pelaksanaan Pilkades Pamandati adalah tidak adanya sosialisasi dari panitia pelaksana sehingga terkesan data pemilih dibuat suka-suka. 

"Kasian juga sekitar 80-100 warga tidak bisa memberikan hak suara, padahal ini menjadi ruang demokrasi bagi warga Desa Pamandati dalam menentukan pemimpinnya lima tahun mendatang," ungkapnya. 

Halaman:

Editor: Mita Ayu Wulandari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kadis Dikbud Mubar Bantah Adanya Dugaan Pungli

Senin, 6 Juni 2022 | 15:36 WIB
X