PTDH Ferdy Sambo Dinilai Cacat Prosedur

- Rabu, 14 September 2022 | 19:18 WIB
Koordinator Wilayah Peradi Sultra, Syahruddin Latif sebut PTDH Ferdy Sambo cacat prosedur. (Hallosultramedia/Dok. Mita)
Koordinator Wilayah Peradi Sultra, Syahruddin Latif sebut PTDH Ferdy Sambo cacat prosedur. (Hallosultramedia/Dok. Mita)

HALLO SULTRA - Keputusan Polri untuk menjatuhkan hukuman Pemecatan Tidak Dengan Hormat (PTDH) terhadap Irjen Pol Ferdy Sambo tersangka pembunuhan Brigadir J alias Nopryansah Yosua Hutabarat dinilai cacat prosedur

Hal ini diungkapkan oleh Koordinator Wilayah Peradi Sulawesi Tenggara (Sultra), Syahiruddin Latif di Kendari, Selasa, 13 September 2022.

Menurut Syahiruddin, Keputusan Polri untuk menjatuhkan sanksi administratif (PTDH) terhadap Ferdy Sambo terkesan terburu-buru dan tidak sesuai dengan peraturan pemerintah tentang pemberhentian anggota Polri. 

Baca Juga: HUT ke 21 DPD Demokrat Sultra Evaluasi Kinerja Kader

"Kenapa demikian? Kita tidak melihat yang dipersangkakan terhadap komisi kode etik,  kita juga belum melihat apa yang dituntut,  tetapi secara umum kita meyakini bahwa Irjen Ferdy Sambo ini dibawa ke kode etik profesi Polri itu karena diduga beliau adalah salah satu tersangka pelaku tindak pidana 340, 338 dan seterusnya," Kata Syahiruddin. 

"Intinya bahwa dia diduga melakukan tindak pidana sehingga kemudian dibawa ke kode etik sehingga dia direkomendasi untuk di PTDH," lanjutnya. 

Syahiruddin menjelaskan, mengenai pelanggaran apa saja yang bisa dibawa ke kode etik untuk di PTDH yaitu pelanggaran kode etik Polri itu sendiri, kemudian pelanggaran terhadap pasal 12, 13, 14 peraturan pemerintah nomor 1 tahun 2003 tentang pemberhentian anggota Polri dan pasal 13 peraturan pemerintah nomor 2 tahun 2003 tentang disiplin anggota Polri. 

Baca Juga: September Sensation, Kalla Toyota Tawarkan Promo Cash Lunak Bunga 0 Persen Hingga Gratis Paket BBM

"Jadi ada tiga regulasi sehingga orang dibawa dan bisa kemudian di PTDH yaitu melanggar kode etik itu sendiri, melanggar peraturan pemerintah no 1 dan juga melanggar peraturan pemerintah no 2 tentang peraturan disiplin," jelasnya. 

Mantan anggota Polri ini menerangkan, dalam kasus Ferdy Sambo dkk, Ferdi Sambo tentu dipersangkakan melanggar kode etik dan melanggar pidana. 

Halaman:

Editor: Mita Ayu Wulandari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PTDH Ferdy Sambo Dinilai Cacat Prosedur

Rabu, 14 September 2022 | 19:18 WIB

HUT ke 21 DPD Demokrat Sultra Evaluasi Kinerja Kader

Sabtu, 10 September 2022 | 21:49 WIB

Terpopuler

X