Mulai Mei, Jamaah Haji dan Umrah Sudah Bisa Terbang Langsung dari Makassar ke Arab Saudi

- Jumat, 22 April 2022 | 18:57 WIB
Jamaah haji dan umrah sudah bisa terbang langsung dari Makassar menuju Arab Saudi (Hallosultra/Dok.pixabay)
Jamaah haji dan umrah sudah bisa terbang langsung dari Makassar menuju Arab Saudi (Hallosultra/Dok.pixabay)

HALLO SULTRAjamaah haji maupun umrah yang berangkat dari embarkasi Bandara Hasanuddin, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah bisa langsung terbang menuju Jeddah, Arab Saudi tanpa melalui Jakarta.

Rencananya, rute penerbangan langsung ini dibuka mulai Mei 2022.

Informasi rute haji dan umrah tersebut disampaikan oleh Regional CEO Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua PT Garuda Indonesia, Berthon Hutapea.

Baca Juga: Ini Lima Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan adanya rute langsung, diharapkan dapat mempermudah jamaah haji dan umroh untuk berangkat menuju tanah suci tanpa harus ke Jakarta terlebih dahulu.

“Rencana penerbangan umrah dan haji dari UPG (Hasanuddin International Airport) akan dibuka pada bulan Mei mendatang,” kata Berthon.

Dijelaskan, hal ini menjadi salah satu upaya Garuda Indonesia dalam memenuhi kebutuhan aksesibilitas penerbangan calon jamaah umrah maupun haji dari wilayah asal.

 Baca Juga: Kejagung Sudah Tetapkan 4 Tersangka Kasus Minyak Goreng, 30 Saksi Sudah Diperiksa, 650 Dokumen Disita

Gubernur Sulawesi Selatan, Sudirman Sulaiman, mengatakan bahwa sudah ada pembahasan terkait rute tersebut antara pihaknya dengan Garuda Indonesia.

“Alhamdulillah, segera dibuka kembali layanan penerbangan langsung bagi jamaah haji dan umrah oleh PT. Garuda Indonesia,” kata Andi.

Gubernur Sulsel juga mengusulkan beberapa rute penerbangan lainnya pada PT. Garuda Indonesia seperti Makassar-Bone-Kendari dan rute Toraja-Balikpapan.

Baca Juga: Di Tengah Ketidakpastian Global, Bank Indonesia Optimalkan Tiga Kebijakan

Dengan adanya pembukaan rute penerbangan baru, tentunya juga dapat berpengaruh dalam membuka peluang bagi potensi ekonomi daerah.

“Kami juga membahas kesediaan maskapai dalam layanan domestik seperti Makassar-Bone-Kendari dan rute Tana Toraja-Balikpapan. Kita (rencananya) siapkan dana subsidi rintisan,” ujarnya.

Menanggapi usulan tersebut, Berthon Hutapea mengatakan pihaknya saat ini terus menjalin komunikasi yang intensif terkait penjajakan rute tersebut.

Halaman:

Editor: Rustam Hallo Sultra

Sumber: Pikiran Rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tanda-tanda Orang Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Minggu, 24 April 2022 | 15:12 WIB

Terpopuler

X