Empat Provinsi di Sulawesi Terlibat Kasus Kecurangan Seleksi CASN

- Selasa, 26 April 2022 | 07:37 WIB
MenPAN RB Tjahjo Kumolo minta Baresrkim Polri memperluas penyidikan kasus kecurangan seleksi CASN tahun 2021 (Hallosultra/Dok.menpan.go.id)
MenPAN RB Tjahjo Kumolo minta Baresrkim Polri memperluas penyidikan kasus kecurangan seleksi CASN tahun 2021 (Hallosultra/Dok.menpan.go.id)

HALLO SULTRA - KemenPAN RB Tjahjo Kumolo minta kepada Bareskrim Polri memperluas penyidikan kasus kecurangan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021.

Penegasan ini disampaikan, karena tak menginginkan proses seleksi CASN sudah berjalan baik dengan melibatkan seluruh instansi, dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Tidak menutup kemungkinan kalau ada bukti Kementerian PANRB dan BKN terlibat jaringan tersebut. Tim Bareskrim dengan data-data yang ada dan bukti jejak digital pasti ditangkap dan diproses,” tegas Tjahjo Kumolo.

Baca Juga: KemenPAN RB Tjahjo Kumolo Siap Berhentikan Oknum PNS Terlibat Kecurangan Seleksi CASN Tahun 2021

Berdasarkan pengalaman selama pengadaan CASN atau CPNS sejak tahunan lalu, ada saja oknum pegawai negeri sipil (PNS) yang menjadi calo. Namun demikian, mereka yang menjadi calo pasti diringkus aparat kepolisian.

Adanya kecurangan dalam seleksi CASN tahun 2021, terungkap berawal dari aduan masyarakat dan orang tua peserta CPNS, termasuk melalui media sosial dan juga temuan BKN.

Adanya temuan akan hal tersebut, lantas membuat BKN dan Kementerian PANRB berkoordinasi untuk mengungkap jaringan ini.

 Baca Juga: Bareskrim Polri Tetapkan Kepala BKPSDM Bersama Staff IT Kolaka Utara Tersangka Kasus Seleksi CASN

Terkait kasus kecurangan dalam Seleksi CASN Tahun 2021 ini, sebanyak 21 sipil dan 9 PNS yang terlibat sudah diringkus oleh Polri. Seluruh tersangka yang disangkakan itu terlibat dalam kecurangan Seleksi CASN Tahun 2021 di 10 tempat kejadian perkara (TKP).

Ke 10 daerah tersebut berada di Provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Lampung. Di Sulawesi Selatan, kecurangan terjadi di beberapa lokasi yaitu Makassar, Tana Toraja, Sidrap, Palopo, Luwu, dan Enrekang. ***

Halaman:

Editor: Rustam Hallo Sultra

Sumber: menpan.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FAO Respons Indonesia Capai Swasembada Selama 3 Tahun

Selasa, 23 Agustus 2022 | 17:35 WIB

Terpopuler

X