Lima Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Perjalanan Mudik Lebaran

- Senin, 25 April 2022 | 17:28 WIB
Ilustrasi. Saat mudik lebaran dibutuhkan stamina yang prima dalam perjalanan (Hallosultra/Dok.PMJ News.com)
Ilustrasi. Saat mudik lebaran dibutuhkan stamina yang prima dalam perjalanan (Hallosultra/Dok.PMJ News.com)

HALLO SULTRA - Setelah dua tahun tidak diizinkan mudik Lebaran karena meningkatnya kasus Covid-19, masyarakat tahun ini bisa kembali merayakan Idul Fitri di kampung halamannya. Ini setelah pemerintah memberikan kelonggaran.

Melakukan perjalanan jauh seperti mudik, bisa menjadi tantangan tersendiri di tengah pandemi Covid-19. Selain tingginya risiko berada di tengah keramaian, perjalanan mudik memang membutuhkan lebih banyak energi daripada sekadar melakukan aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, Anda dan keluarga perlu menjaga daya tahan tubuh secara optimal guna menghindari berbagai masalah kesehatan, seperti diare atau infeksi virus Corona, yang bisa saja terjadi selama perjalanan mudik.

Baca Juga: Bareskrim Polri Tetapkan Kepala BKPSDM Bersama Staff IT Kolaka Utara Tersangka Kasus Seleksi CASN

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat saat mudik, di antaranya:

1. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi
Sebelum mudik, Anda dan keluarga perlu mengonsumsi makanan sehat bernutrisi secara teratur. Tak hanya membuat tubuh lebih bertenaga selama perjalanan mudik, mengonsumsi makanan bergizi juga penting dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Beberapa jenis nutrisi yang perlu Anda cukupi asupannya adalah protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini bisa Anda peroleh dari berbagai jenis makanan bergizi, mulai dari buah, sayur, daging, ikan, telur, hingga kacang-kacangan.

Baca Juga: Larangan Ekspor CPO Perlu Dievaluasi, DPR Nilai Keputusan Emosional Jangka Pendek

2. Banyak Minum Air Putih
Saat mudik, Anda mungkin berusaha menghindari banyak minum karena takut akan sering buang air kecil selama perjalanan. Padahal, jika kebutuhan cairan tidak terpenuhi, Anda bisa mudah merasa lelah, mengantuk, dan kehilangan konsentrasi.

Kondisi ini tentu saja bisa membahayakan keselamatan Anda dan keluarga, terlebih bila Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan mudik.

Halaman:

Editor: Rustam Hallo Sultra

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Desain Unik Hotel Kubah 9 Bernuansa Eropa

Minggu, 5 Juni 2022 | 12:51 WIB

Lima Tips Mencegah Tubuh Tidak Lemas Saat Puasa

Minggu, 24 April 2022 | 14:59 WIB

Ini Lima Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Jumat, 22 April 2022 | 18:39 WIB
X