Kasus Pelecehan Seksual, Mahasiswa Demo Desak Rektor Berikan Sanksi Terhadap Oknum Dosen

- Jumat, 29 Juli 2022 | 19:23 WIB
Mahasiswa demonstrasi mendesak Rektor UHO untuk memberikan sanksi terhadap oknum dosen diduga melakukan pelecehan seksual (Hallosultra/Dok.Munir)
Mahasiswa demonstrasi mendesak Rektor UHO untuk memberikan sanksi terhadap oknum dosen diduga melakukan pelecehan seksual (Hallosultra/Dok.Munir)

HALLO SULTRA – Kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan oknum Prof B terhadap seorang Mahasiswi berinisial R, memantik aksi demo Mahasiswa di depan Rektorat Universitas Halu Oleo (UHO) pada Jumat, 29 Juli 2022.

Dalam aksi itu, Mahasiswa menuntut agar pihak Kampus UHO memberikan sanksi seberat-beratnya terhadap Prof B, apabila terbukti melakukan tindakan asusila.

Koordinator aksi, Poetra mengatakan perbuatan pelecehan yang melibatkan oknum dosen tidak layak menjadi contoh oleh siapapun.

Baca Juga: Wings Air Hentikan Penerbangan ke Wakatobi, DPRD Minta Usulkan Anggaran Subsidi Disertai Analisis Rasional


“Apabila terbukti di sidang kode etik dan disiplin. Maka Pak Rektor harus memberikan sanksi tegas kepada oknum Profesor B,” tegas Poetra.

Terlebih lagi, kekerasan seksual merupakan bentuk kejahatan yang melecehkan dan menodai harkat kemanusiaan dan patut dikategorikan sebagai jenis kejahatan luar biasa.

Sebagimana yang diuraikan juga dalam Permenristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang pencegahan dan penaganan kekerasan seksual di perguruan tinggi.

Baca Juga: Investor Diundang Investasi di Lima Destinasi Super Prioritas dan Delapan Kawasan Ekonomi Khusus

“Kami mendesak pihak Kampus UHO untuk membentuk satuan tugas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual tingkat perguruan tinggi dalam waktu yang sesingkat singkatnya,” lanjutnya.

Pihaknya juga mendesak, untuk melakukan pendampingan pemulihan kondisi psikologis dan mental kepada korban yang diduga telah menjadi korban pelecehan seksual.

Halaman:

Editor: Rustam Hallo Sultra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polresta Kendari Tangkap Pencuri HP Bermodus COD

Selasa, 24 Mei 2022 | 11:59 WIB
X