Menkeu Sri Mulyani Berikan Penghargaan Kepada Kemenkum HAM dan Polri

- Kamis, 14 April 2022 | 11:22 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati memberikan penghargaan kepada Kementerian Negara dan Lembaga (Hallosultra/Dok.Kemenkeu Biro KLI/Firman)
Menkeu Sri Mulyani Indrawati memberikan penghargaan kepada Kementerian Negara dan Lembaga (Hallosultra/Dok.Kemenkeu Biro KLI/Firman)

HALLO SULTRA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi Kementerian Negara dan Lembaga (K/L) yang memiliki kinerja pelaksanaan anggaran terbaik tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada K/L yang mendorong peningkatan kinerja dan kualitas belanja negara, serta mampu mengakselerasi efektivitas belanja sebagai stimulus fiskal 2022 guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Selamat kepada Kementerian Lembaga yang hari ini mendapatkan penghargaan untuk pelaksanaan anggaran yang baik sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Terima kasih atas perhatian, komitmen, dan juga tekad untuk terus menggunakan APBN secara makin baik sebagai instrumen kita mencapai tujuan bernegara,” kata Menkeu dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022 di Jakarta pada Rabu (13/04).

Dalam rangka mewujudkan belanja Kementerian Negara/Lembaga yang lebih berkualitas dengan tata kelola yang baik, Kementerian Keuangan telah melaksanakan penilaian terhadap kinerja anggaran pada K/L. Nilai kinerja tersebut merupakan gabungan dari Evaluasi Kinerja Anggaran (EKA) dari aplikasi SMART dan nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) dari aplikasi OMSPAN yang terdiri dari 4 aspek dan 13 indikator.

Baca Juga: Kapal Mati Mesin di Perairan Buton Selatan, 29 Orang Dievakuasi Basarnas

Penghargaan tersebut diberikan kepada Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM, dan Kepolisian Republik Indonesia sebagai Kementerian Negara/Lembaga dengan pagu besar. Sedangkan kategori Kementerian Negara/Lembaga dengan pagu sedang diberikan kepada Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, dan Badan Pemeriksa Keuangan. Sementara, kategori Kementerian Negara/Lembaga dengan pagu kecil diberikan kepada Ombudsman Republik Indonesia, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, dan Lembaga Administrasi Negara.

“Bersama-sama kita akan mampu menjamin agar seluruh hasil kegiatan dan program belanja itu adalah memang bertujuan untuk membangun Indonesia semakin baik, melayani masyarakat kita, dan membangun Indonesia menjadi negara maju, berdaulat, bermartabat, adil dan makmur. Jangan pernah lelah mencintai Indonesia dengan mengelola APBN secara baik dan bertanggung jawab,” ujar Menkeu. ***

Editor: Rustam Hallo Sultra

Sumber: Kemenkeu.go id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X